Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Bidang Kuliner

Memiliki bisnis sendiri barangkali merupakan impian banyak orang termasuk anda. Nah, jika anda adalah seorang ibu rumah tangga yang memprioritaskan keluarga dari pada karir pekerjaan, bukan tidak mungkin anda dapat mendapatkan keduanya. Ya, menjadi ibu rumah tangga dengan memiliki bisnis sendiri bukan perkara yang tidak mungkin dilakoni oleh siapapun. Jika anda merupakan ibu rumah tangga yang  berminat untuk merintis usaha pada bidang kuliner, berikut beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga di bidang kuliner yang dapat anda lakukan untuk mendatangkan pundi-pundi uang di keuangan anda.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Bidang Kuliner

Beberapa peluang usaha bagi anda yang merupakan ibu rumah tangga terbuka lebar di luar sana. Beberapa yang paling erat kaitannya dengan ibu rumah tangga diantaranya adalah di bidang kuliner. Ya, bidang kuliner merupakan peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan karena pasarnya sangat luas dan cenderung tidak memerlukan modal yang besar. Terlebih lagi, biasanya keuntungan yang didapatkan pun besar dan keberlanjutannya terjamin. Diantara macam macam usaha rumahan berikut barangkali adalah salah satu jalan anda meraih sukses dengan usaha sendiri sebagai ibu rumah angga. Penasaran apa saja usaha sampingan ibu rumah tangga rumahan?  yuk simak selengkapnya!

usaha sampingan untuk ibu rumah tangga
usaha sampingan untuk ibu rumah tangga
  1. Membuka usaha Katering

Usaha katering bukan rahasia lagi merupakan usaha yang banyak menghasilkan keuntungan. Sedikit diantara buktinya adalah dapat anda lihat dari tetangga atau kenalan anda yang berkecimpung di dunia ini sebagai seorang pemilik usaha katering. Bahkan katering yang sejatinya merupakan jenis usaha sampingan ibu rumah tangga ini juga sempat menjadi sorotan saat beberapa waktu lalu, saat putra pertama dari presiden RI diketahui juga merupakan pemilik salah satu katering di kota Solo. Nah, tertarik mencoba? Jika modal yang anda miliki tak seberapa, itu sama sekali bukan halangan mengingat customer biasanya sudah membayar uang muka atau bahkan melunasinya. Nah uang itu lah yang anda gunakan untuk membeli berbagai bahan mentah dan juga barangkali karyawan tidak tetap yang kerja sampingan sabtu minggu di usaha katering anda.

  1. Produksi Aneka kue dan jajanan

Jika anda biasanya lebih sering melihat orang menjual aneka kue kering dan aneka jajanan mulai dari di pinggir jalan hingga di deretan toko dengan etalasenya, maka jangan menjadi bagian dari mereka. Jadilah lebih besar dengan memproduksi sendiri aneka kue dan jajanan yang dapat anda jual kepada berbagai target penjualan sebagai  peluang usaha dengan modal kecil. Dengan mmeproduksi sendiri aneka kue dan jajanan anda dapat meperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan jika anda hanya sebagai distributor atau penjual eceran. Nah, jika anda mau berbagai pasar  tradisional hingga supermarket juga siap menerima barang dagangan anda.

  1. Membuka rumah makan

Membuka rumah makan merupakan pilihan lain bagi anda yang tidak menginginkan usaha dengan membuka katering dan memproduksi aneka kue dan jajanan. Pun usaha ini dapat dilakukan oleh anda yang merupakan karyawan karena membuka rumah makan merupakan  peluang usaha sampingan karyawan. Dengan membuka rumah makan, anda akan dapat menyalurkan hobi anda di bidang kuliner. Tidak perlu memikirkan modal besar untuk sewa tempat dan biaya pembelian bahan serta alat yang mahal. Sebagai langkah awal, anda dapat membukanya di rumah anda sendiri. Untuk memulainya anda juga tidak perlu menyediakan makanan dalam jumlah banyak dan terlalu beragam. Usaha sampingan ibu rumah tangga bermodal kecil ini nampaknya sangat menjanjikan untuk dilakukan.

  1. Menjual aneka makanan saat sarapan

Tantangan usaha sampingan ibu rumah tangga biasanya berupa kerja keras. Misalnya, Anda ditantang menggunakan peluang memasak lebih pagi dan banyak dengan aneka penawaran yang lebih kekinian. Jika zaman dahulu orang hanya membuka warung makan di dekat rumah untuk menawarkan aneka makanan yang mereka jual untuk sarapan, ini saatnya anda menjual sarapan dalam kemasan yang lebih kekinian. Misalnya, tawarkan jenis makanan yang mudah dibawa dan sederhana sehingga pelanggan dapat membeli atau mengambil makanan sambil jalan berangkat ke kantor atau sekolah.

  1. Menawarkan menu diet

Dalam beberapa kondisi, orang tertentu akan sulit menemukan makanan yang mereka inginkan. Salah satu contohnya adalah orang yang tengah melakukan pola konsumsi (diet) untuk menurunkan berat badan. Namun, saat ini masih terbatas pilihan bagi mereka yang tengah melakukan diet dengan pilihan makanan tertentu. Apalagi jika penyediaan makanan ini menggunakan model katering. Anda dapat menggunkan kesempatan ini sebagai peluang usaha sampingan ibu rumah tangga ntuk membuat usaha kuliner di bidang katering dan delivery order untuk pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus terhadap makanan. Tidak hanya itu, jenis usaha seperti ini dapat anda kembangkan seseuai  kebutuhan customer, seperti mereka yang tidak mengonsumsi daging atau lansia, bahkan balita.

  1. Angkringan

Angkringan kini tidak hanya dapat di lihat di sekitar Jogajkarta, anda juga dapat menemukannya di berbagai kota di tanah air. Nah, jika anda tertarik untuk memulai usaha kuliner yang tidak memakan waktu siang anda, karena barangkali anda sibuk di siang hari maka membuka angkringan menjadi salah satu alternatif solusinya. Nah, seperti berbagai jenis usaha di bidnag kuliner yang telah kita bahas sebelumnya, angkringan juga tidak membutuhkan banyak modal di awal. Keuntungannya pun lumayan menjanjikan sehingga patut untuk dijalankan. Jika anda saat ini tinggal di desa, jangan khawatir. Angkringan juga merupakan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa.

Nah bagaimana dengan ise usaha sampingan ibu rumah tangga yang telah kita bahas bersama diatas. Tertarik untuk mencoba salah satuya? Nah, semoga berhasil dengan usaha anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *