Ternak Puyuh, Usaha Rumahan Yang Cukup Menjanjikan

Ternak puyuh merupakan jenis usaha rakyat yang banyak dijumpai di tanah air, baik dalam skala kecil maupun besar. Daging puyuh atau telur puyuh sendiri cukup banyak peminatnya karena rasanya yang khas, gurih dan lezat. Telur puyuh juga dijual di supermarket besar dengan harga yang lumayan tinggi.

Ilustrasi Ternak Puyuh
Ilustrasi Ternak Puyuh

Usaha ternak puyuh bisa dijadikan sebagai sumber income sampingan, tapi akan lebih baik lagi jika usaha burung unggas ini dijadikan sebagai usaha utama dengan memelihara puyuh dalam jumlah besar. Terdapat tiga pilihan ‘cabang’ usaha dalam beternak puyuh yaitu usaha puyuh petelur, puyuh pedaging dan puyuh penetasan yang akan menjual bibit anak puyuh. Dari ketiga jenis usaha burung puyuh tersebut, ternak puyuh petelur adalah yang paling berpeluang mendatangkan keuntungan besar.

 

Harga Burung Puyuh

Dikutip dari berbagai sumber, harga burung puyuh berkisar antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 30.000 tergantung jenis dan ukuran tubuhnya. Burung puyuh pejantan dijual dengan harga sekitar Rp 15.000. Sementara itu harga burung puyuh biasa berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

Untuk harga burung puyuh dewasa sedikit lebih mahal yakni di kisaran Rp 20.000 sampai Rp 30.000 karena puyuh dewasa bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk dikonsumsi dagingnya atau bisa juga dijadikan puyuh petelur. Sedangkan harga puyuh yang dikhususkan untuk puyuh petelur, harga jualnya antara Rp 15.000 sampai dengan Rp 30.000, tergantung dari kualitas puyuh tersebut. Maksud dari berkualitas adalah puyuh petelur itu bisa menghasilkan telur setiap hari.

 

Modal Ternak Puyuh Petelur

Jika Anda tertarik dengan usaha puyuh petelur, biaya yang perlu disediakan sekitar 13 jutaan untuk 1.000 ekor puyuh dengan membeli bibit berusia sebulan, dan diasumsikan kandang beserta semua peralatan bukan buatan sendiri tapi membeli yang sudah siap pakai. Jika ingin memelihara kurang dari seribu ekor, tentunya modal awal akan jadi lebih sedikit.

Rincian penggunaan biaya seperti yang telah disebutkan di atas adalah untuk berbagai keperluan, yaitu:

  • Beli kandang puyuh sebanyak 10 set dengan harga masing-masing Rp 250.000 total menjadi Rp 2.500.000.
  • Peralatan kandang seperti tempat makan, minum dan bertelur adalah sekitar Rp 300.000
  • Beli bibit puyuh petelur berumur satu bulan 1.000 ekor, dengan harga per ekornya Rp 7.000 jadi total 7 juta.
  • Pakan puyuh komplit untuk satu bulan sebanyak 22 kg berkisar Rp 4 juta
  • Biaya untuk keperluan lainnya sekitar Rp 350.000

Rincian biaya di atas bisa lebih dan bisa juga kurang, sebab perkiraan biaya tersebut hanyalah hitungan kasar saja per seribu ekor puyuh petelur. Jika modal belum mencukupi, Anda bisa memulai dengan jumlah indukan puyuh petelurnya setengah atau seperempat saja terlebih dahulu.

 

Cara Membuat Kandang Puyuh

Apabila ingin mengurangi modal awal yang harus dikeluarkan ketika hendak memulai usaha ternak puyuh, salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan membuat kandang puyuh sendiri. Jika opsi ini yang Anda pilih, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelum mulai membangun kandang puyuh tersebut, yaitu:

  1. Suhu udara yang disarankan di dalam kandang puyuh adalah antara 20 sampai 25 derjat Celcius.
  2. Kandang sebaiknya dipasangi dua macam lampu yang akan digunakan bergantian siang dan malam hari. Jadi Anda perlu menyiapkan dua buah lampu dalam satu kandang yakni lampu 25-40 Watt yang akan dinyalakan pada siang hari dan satu lagi lampu 40-60 Watt untuk dipakai malam harinya.
  3. Perkiraan ukuran kandang yang ideal untuk puyuh petelur adalah sekitar 40 ekor puyuh untuk kandang yang berukuran satu meter persegi.
  4. Lokasi kandang puyuh sebaiknya jauh dari keramaian dan suara bising.
Kandang Puyuh
Kandang Puyuh

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan soal kandang puyuh. Sekali lagi ini adalah alternatif, jika Anda tidak ‘berminat’ dengan tipe kandang bikinan sendiri, Anda bisa membeli kandang puyuh siap pakai.

 

Pakan Puyuh Petelur

Ada dua alternatif untuk makanan atau pakan burung puyuh petelur yang bisa Anda berikan, yang pertama adalah pakan yang sudah siap pakai buatan pabrik. Jenis pakan ini mempunyai kualitas bagus dan nutrisi paling lengap karena diproduksi oleh pabrik yang sudah tentu sangat ahli dalam hal makanan burung unggas. Dalam makanan buatan pabrik tersebut biasanya sudah terdapat zat-zat bermanfaat dengan takaran yang pas. Salah satu contoh pakan burung puyuh buatan pabrik adalah “Comfeed”.

Jenis pakan puyuh yang kedua adalah pakan bikinan sendiri alias campuran antara pakan buatan pabrik dengan bahan-bahan yang lebih murah, misalnya jagung dan dedak halus. Jenis pakan ini akan bisa menekan biaya untuk pakan tapi mungkin hasilnya tak sebaik pakan buatan pabrik.

Sebenarnya ada alternatif ketiga pakan puyuh yang lebih murah, bahkan bisa diambil secara gratis di alam bebas, yaitu daun Azolla. Azolla adalah tumbuhan air sejenis paku yang daunnya lumayan tebal. Azolla bisa diberikan kepada burung puyuh HANYA ketika kesulitan mendapatkan pakan biasa, karena Kendala beternak puyuh petelur itu tetap saja ada, misalnya karena modal sudah menipis. Hehee.

 

Cara Ternak Puyuh Sukses

Untuk sukses dalam menggeluti usaha ternak burung puyuh, dibutuhkan modal yang cukup dan konsistensi dalam merawat dan memperhatikan peternakan puyuh yang sedang dijalankan. Jika Anda sebelumnya belum pernah menggeluti bidang usaha ini, sebenarnya cara beternak puyuh petelur untuk pemula cukup mudah, yang penting mau belajar dan mencari sumber referensi sebanyak-banyaknya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan peternakan puyuh.

Apabika kurang merasa yakin dengan ‘kemampuan diri sendiri’, sebaiknya mintalah petunjuk orang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam beternak puyuh. Atau Anda juga bisa membayar orang tersebut untuk memberikan Anda petunjuk, tips dan kiat-kiat sukses dalam usaha ternak puyuh tersebut.

Alternatif lain, Anda bisa mengajak orang yang paham dengan peternakan puyuh tadi untuk bekerjasama atau bagi hasil, Anda yang menyediakan modal dan ‘ahli’ tadi yang menunjukkan cara-cara beternak yang benar.

 

Kesimpulan

Usaha ternak puyuh petelur saat ini cukup menggiurkan mengingat sistem pemasaran yang semakin luas. Telur-telur puyuh yang Anda produksi kemungkinan tidak akan sulit mendapatkan pembeli yang berani membeli dengan harga termahal karena telur puyuh itu sendiri cukup banyak peminatnya. Penampung telur puyuh juga tidak susah ditemui untuk ditawarkan membeli telur puyuh yang Anda punya.

Selain untuk dimakan langsung, telur puyuh juga dijadikan sebagai bahan obat-obat tradisional oleh sebagian besar masyarakat kita, yang palinng terkenal dan sering dipraktekkan adalah menjadikan telur puyuh sebagai obat penyakit asama dan alergi.

Melihat prospek yang cukup bagus terhadap usaha ternak puyuh petelur ini, maka bisa disimpulkan jenis usaha ternak puyuh layak untuk dijadikan sumber pendapatan tambahan atau dijadikan sumber income utama Anda.

Setelah membaca panjang lebar soal ternak puyuh khususnya burung puyuh petelur di atas, apakah sekarang Anda semakin tertarik untuk mencoba usaha rumahan ini?

Bagikan Ke Teman

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *