Ulasan Lengkap Ternak Entok Bagi Pemula

Ternak entok cukup menjanjikan untuk digarap saat ini, pasalnya permintaan terhadap daging maupun telur entok cukup tinggi. Tingginya permintaan pasar terhadap entok tak lepas dari faktor kelezatan daging yang dimiliki hewan unggas ini, sementara itu telurnya juga dijual cukup murah dan rasanya gurih.

Ilustrasi Ternak Entok
Ternak Entok

Sudah banyak warung makan maupun restoran yang menyediakan daging entok sebagai menunya. Hal ini mengindikasikan bahwa entok memang semakin dikenal di masyarakat dan peminatnya pun semakin hari semakin bertambah. Ini merupakan sebuah peluang emas yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah pemasukan.

Untuk memulai usaha ternak entok, tidak dibutuhkan modal yang terlalu besar. Namun jika ingin membuat usaha ternak entok, disarankan untuk tidak tangung-tanggung, maksudnya langsung saja beternak entok dalam jumlah besar karena kalau entok yang diternakkan cuma sedikit, hasil yang didapat tidak akan maksimal.

Jika Anda tertarik dengan usaha ini, silahkan simak tulisan ini sampai habis karena dengan membaca secara keseluruhan, Anda akan mendapatkan gambaran lengkap tentang bagaimana sebuah usaha ternak entok.

Cara Ternak Entok Sukses

Untuk sukses ternak entok, dibutuhkan beberapa strategi yang tepat agar hasil yang diperoleh nantinya sesuai dengan yang diharapkan. Diantara strategi yang diamksud adalah pembuatan kandang yang bagus dan memenuhi syarat untuk habitat  budidaya entok, pemilihan indukan yang tepat, pemberian pakan yang baik dan perawatan. Penjelasan untuk masing-masing poin tersebut silahkan simak di bawah ini.

Entok Sehat - Image source entognusantara.blogspot.com
Entok Sehat – Image source entognusantara.blogspot.com

1. Pembuatan Kandang

Entok adalah hewan unggas yang suka dengan air dan berenang. Buatlah kandang tempat entok diternakkan dilengkapi dengan kolam air. Akan lebih bagus kalau kolamnya berisi air yang mengalir untuk mencegah kotornya air dan juga tidak asam.

Siapkan juga tempat makan dan minum entok dengan wadah khusus yang banyak dijual atau bisa juga Anda bikin sendiri. Buatlah beberapa tempat makan yang disesuaikan dengan jumlah entok yang akan dipelihara.

Lokasi tempat entok bermain, harus dikelilingi dengan pagar yang tinggi atau jaring untuk mencegah entok keluar atau terbang dari kandang. Sedikan juga ‘rumah’ yang terlindung dari hujan dan panas. Selain itu perlu diperispkan juga tempat bertelur kalau entoknya merupakan entok petelur.

2. Memilih Indukan Yang Bagus

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menyiapkan bibit entok, yang pertama dengan membeli anak entok yang masih kecil lalu kemudian dibesarkan sampai siap dipanen atau ditelurkan. Yang kedua Anda bisa langsung membeli entok usia remaja dan selanjutnya dipelihara kemudian sebentar lalu sudah siap dijual atau dijadikan entok petelur. Ternak entok petelur lebih baik memakai cara kedua karena masa pemeliharaan tidak lama sampai entoknya menghasilkan telur.

3. Pemberian Pakan

Pakan entok yang diberikan ke entok biasanya adalah berupa dedak yang diberi sedikit air. Dedak tersebut sebaiknya dicampurkan dengan daun-daunan seperti daun eceng. Pemberian makan sebaiknya dilakukan secara teratur pagi dan sore hari. Usahakan jangan pernah absen memberi makan rutin entok minimal dua kali sehari, karena kalau terlewat satu kali saja entoknya akan mudah sakit atau tidak bertelur lagi.

Makanan tambahan yang disukai entok adalah bekicot yang biasanya ditemukan sawah atau tempat berair lainnya. Pakan daging seperti bekicot sangat baik untuk kesehatan entok dan akan meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap serangan hama penyakit. Bekicot harus dipecahkan dulu menggunakan benda keras, sebab kalau tidak entoknya akan memakan bekicot bulat-bulat sehingga sangat beresiko entoknya mati karena tercekik.

4. Pemeliharaan dan Pemberian Obat

Entok tidak memerlukan perawatan yang rumit dan mahal. Apabila makanannya tersedia dengan cukup
dan teratur, entok jarang sekali mengalami sakit, kecuali sedang ada wabah penyakit yang menyerang. Obat atau vaksin untuk mencegah penyakit, perangsang nafsu makan dan perangsang untuk bertelur bisa dibeli di tempat penjualan pakan unggas. Cara memberinya bisa langsung dicampurkan dengan makanan seperti dedak tadi.

Nah, itulah empat poind dasar penting yang penting untuk diperhatikan jika ingin beternak entok. Variasi lain bisa Anda tambahkan, misalnya dalam hal pakan ataupun kandang.

Baca juga : Ternak Kelinci Sukses Untuk Pemula

Budidaya Entok Petelur

Budidaya entok petelur tidak semudah cara ternak entok pedaging karena memerlukan kandang yang lengkap dengan tempat bertelurnya. Bibit entok petelur sebaiknya beli saja bibit yang berumur satu hari karena dihitung dari segi biaya akan sedikit lebih murah jika membeli entok yang sudah siap bertelur.

Entok Petelur - Image source jurusbeternak.blogspot.co
Entok Petelur – Image source jurusbeternak.blogspot.co

Pemeliharaan bibit entok umur sehari harus intensif dilakukan sampai berumur 3 minggu, karena dalam rentang usia tersebut anak entok sangat rawan mati. Biasanya kalau sudah berumur hampir empat bulan, entok betina sudah menghasilkan telur dan akan terus bertelur sampai berumur tua. Untuk pemeliharaan dan perawatan, tidak banyak bedanya dengan yang telah dijelaskan di atas.

Cara Ternak Entok Pedaging

Ternak entok pedaging sedkit lebih mudah dan simpel dalam hal pembuatan kandang, karena mirip-mirip dengan budidaya entok modern. Faktor utama yang penting utnuk diperhatikan kalau beternak entok pedaging adalah pakan dan perawatan karena tujuan utama adalah untuk dijual, maka berat dan ukuran fisik harus lebih diprioritaskan.

Entok Pedaging - Image source agrowindo.com
Entok Pedaging – Image source agrowindo.com

Pakan untuk makanan entok pedaging bisa meningkatkan pertumbuhannya secara cepat bisa didapatkan di toko yang menjual pakan unggas. Disarankan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tepat agar pakan berfungsi sebagaimana mestinya.

Pakan Entok Alternatif

Pakan alternatif untuk entok dapat mengurangi biaya pakan yang harus dikeluarkan dan untuk membuatnya juga tidak terlalu susah. Bahan-bahan pembuat juga tidak mahal harganya bahkan ada yang gratis. Namun walaupun begitu tetap disarankan untuk membuat pakan alternatif yang telah terbukti aman untuk entok. Percuma kalau pakan murah tapi perkembangan entok sangat lambat yang akhirnya dapat menimbulkan kerugian waktu pemeliharaan.

Salah Satu Pakan Alternarif Entok
Salah Satu Pakan Alternarif Entok

Salah satu jenis pakan yang bisa dicoba adalah pakan yang terbuat dari campuran dedak, jagung ditambah beberapa bahan lainnya. Jika Anda ingin membuat sendiri pakan ini, bahan-bahan yang diperlukan adalah Starbio, Topmix, jagung giling, sedikit air dan dedak. Untuk membuatnya cukup mudah yakni dengan hanya mencampurkan semua bahan-bahan tadi dalam satu wadah kemudian aduk hingga rata. Setelah diaduk rata, pakan sudah siap diberikan kepada entok.

Ternak entok memang cukup menjanjikan sekaligus menggiurkan karena persentase keuntungan yang akan diperoleh lumayan besar, apalagi Anda pintar mencari pakan alternatif berbiaya murah. Pola perawatan yang tepat juga akan membuat pertumbuhan entok pesat sekali dan itu pastinya akan melipatgandakan keuntungan, khusus apabila ternak entok adalah tipe pedaging yang akan angsung dijual.

Nah, jika Anda ingin memulai usaha ternak entok, poin-poin penting yang telah dituliskan di atas harusnya sudah bisa memberikan sedikit ‘pencerahan’ tentang cara ternak entok tersebut. Jika modal dan waktu yang Anda punya saat ini mendukung, jangan tunda lagi untuk segera membuka usaha ternak entok.

Bagikan Ke Teman

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *