Ternak Ayam Potong Rumahan, Usaha Prospek Untung Besar Layak Dicoba

Ayam potong merupakan salah satu jenis komoditi yang stoknya harus selalu ada untuk dibeli masyarakat luas. Di saat menjelang hari-hari besar keagamaan, permintaan akan ayam potong atau dikenal juga dengan sebutan ayam broiler ini biasanya akan meningkat tajam dan kebiasaannya harganya juga naik. Jika dilihat dari kacamata bisnis, permintaan yang besar setiap hari tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjadi ladang bisnis yang akan sangat menguntungkan.

Beberapa waktu lalu memang ada himbauan dari pemerintah untuk tidak memelihara atau beternak ayam di lingkungan perumahan untuk menghindari tertularnya virus flu burung, namun itu tidak akan menjadi masalah jika Anda mempunyai lahan kosong yang bisa dibangun untuk lokasi ternak ayam potong tersebut. Alternatif lain kalau tidak memiliki lahan sendiri, Anda bisa menyewa lahan orang yang tidak terpakai.

Ilustrasi Ternak Ayam Broiler
Ilustrasi Ternak Ayam Broiler

Ternak ayam potong rumahan yang Admin maksudkan di sini adalah beternak ayam dalam skala rumahan alias tidak dalam jumlah yang sangat besar seperti pada ternak broiler modern. Skala rumahan ini bisa berjumlah 50 ekor ataupun 300 ekor misalnya, tergantung kemampuan finansial yang Anda sediakan. Selain bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan sampingan, ternak ayam potong rumahan juga bisa difokuskan menjadi usaha utama Anda.

Nah, jika Anda tertarik dengan usaha ternak ayam potong tersebut, Anda bisa membaca beberapa informasi bermanfaat dalam tulisan kali ini yang nantinya untuk dijadikan sumber referensi.

 

Cara Membuat Kandang Ayam Potong

Kandang ayam potong rumahan sebaiknya dibangun di daerah yang tidak ramai. Kondisi kandang yang nyaman jauh dari suara bising dan debu misalnya, akan turut mempengaruhi pertumbuhan ayam broiler yang kita ternakkan. Semakin cepet pertumbuhan ayam, peluang meraih keuntungan lebih banyak juga semakin terbuka lebar.

Jumlah ayam yang biasa ‘diatur’ oleh peternak ayam potong adalah sekitar 8-10 ekor untuk ukuran kandang satu meter persegi. Usakan jangan terlalu padat dan juga tidak terlalu jarang, mengingat semakin luas kandang, semakin besar juga biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Untuk membuat kandang ayam potong jika lokasi strategis yang memenuhi syarat sudah didapatkan, Anda bisa memilih beberapa model kandang seperti memanjang atau bisa juga berbentuk persegi. Lantai kandang sebaiknya tidak menggunakan tanah karena beresiko sekali ayamnya nanti akan mudah sakit, seperti diketahui daya tahan tubuh ayam broiler terhadap serangan penyakit sangat rendah sehingga perlu dipersiapkan kandang yang benar-benar cocok dengan ayam broiler.

Lantai kandang disarankan untuk memakai bahan yang tidak mudah basah atau kedap air, karena semakin kering lantainya, resiko ayam terserang penyakit semakin kecil, tentunya dengan tidak mengenyampingkan faktor pembawa penyakit yang lain.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah wadah tempat makan dan minum ayam. Wadah ini bisa Anda beli di toko-toko yang menjual peralatan kandang. Peralatan untuk mengontrol suhu di dalam kandang juga perlu disiapkan. Peralatan paling sederhana untuk menjaga suhu kandang adalah dengan memakai bohlam, khusus untuk malam hari atau musim hujan.

Jika misalnya Anda langsung ingin membangun kandang untuk lima ribu ekor ayam potong, maka perkiraan biaya pembuatan kandang broiler kapasitas 5000 ekor adalah sekitar 10 jutaan, bisa lebih dan bisa juga kurang dari itu. Biaya tersebut akan digunakan untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan sudah termasuk gaji pekerja yang mengerjakan.

 

Harga Bibit Ayam Potong

Jika kandang sudah selesai dibangun, langkah selanjutnya adalah membeli bibit ayam potong. Di kutip dari berabagai sumber terpercaya, bibit ayam broiler atau ayam potong dijual dengan harga antara Rp 4.500 s/d Rp 7.000 Rupiah per ekor. Harga bibit ayam yang biasa juga disebut ayam negeri ini dari hari ke hari memang terus mengalami peningkatan meskipun dalam ‘range’ yang tidak jauh. Sebaiknya pilihlah bibit yang sehat dan berpotensi akan tumbuh dengan cepat agar keuntungan yang diperoleh nantinya lebih besar.

Nah, sekarang Anda sudah tahu gambaran harga bibit ayam potong, selanjutnya silahkan kalikan dengan jumlah ayam yang akan diternakkan sesuai yang ada dalam rencana yang Anda buat. Cuma saran saja, jika Anda sebelumnya belum pernah menggeluti usaha ini, sebaiknya mulailah dari jumlah yang tidak terlalu banyak, misalnya 100 atau 200 ekor untuk permulaan, nanti setelah Anda mulai paham, baru genjot sampai jumlah ribuan.

 

Makanan Ayam Potong

Dana yang harus dialokasikan untuk membeli pakan adalah berkisar antara 79-80% dari total biaya dalam usaha ternak ayam potong. Hal itu disebabkan karena makanan ayam potong sangat tergantung kepada jenis pakan buatan pabrik, karena cuma pakan tersebutlah yang telah terbukti mampu memberikan pertumbuhan yang cepat pada ayam yang diternakkan.

Salah Satu Jenis Makanan Ayam Potong - Image Source Sribu.com
Salah Satu Jenis Makanan Ayam Potong – Image Source Sribu.com

Alternatif makanan lain seperti yang dibuat sendiri membutuhkan keahlian khusus yang tidak dimiliki semua orang, jadi sebagai pemula dalam ternak ayam potong, disarankan untuk memberi makan ayam potong dengan makanan buatan pabrik yang banyak dijual di toko-toko offline maupun mengorder di toko online terpercaya. Keunggulan pakan produksi pabrik diantaranya adalah nutrisi dan kebutuhan vitamin dan zat-zat penting lainnya biasanya sudah lengkap dicampurkan ke dalam pakan. Makanan ayam potong banyak jenisnya yang dibedakan menurut umur ayam broiler yang dipelihara.

 

Kunci Sukses Beternak Broiler

Untuk meraih daam usaha menggarap peternakan ayam potong, sebenarnya tidak banyak faktor yang mempengaruhi. Yang paling dasar adalah ketekunan, pengetahuan dan faktor cepat tanggap terhadap perkembangan atau masalah yang dialami ayam yang diternakkan.

Ketekunan sudah pasti sangat dibutuhkan dalam menjalani usaha ini karena ayam potong yang diternakkan butuh peerawatan, makan, kebersihan dan berbagai hal lainnya yang menunjang pertumbuhan ayam. Usakan untuk selalu mengontrol kandang dan peliharaan di dalamnya sesering mungkin, tujuannya agar jika sesuatu yang tidak beres, bisa langsung diambil tindakan.

Faktor pengetahuan erat kaitannya dengan pertumbuhan ayam, kesehatan, perawatan kandang, pemberian vaksin anti penyakit serta pemilihan makanan yang tepat. Jika Anda merasa belum terlalu paham denga ternak ayam potong, sebaiknya mintalah bimbingan dari peternak ayam broiler yang sudah berpengalaman.

 

Dari uraian di atas bisa disimpulkan, jika Anda adalah seorang pemula yang ingin memulai usaha ternak ayam potong, sebaiknya mulailah dari jumlah yang tidak terlalu banyak. Tujuannya adalah agar Anda tahu dulu dunia ternak ayam potong tersebut seperti apa sih? Kemudian dari segi biaya, kalau dalam skala rumahan, tidak dibutuhkan modal yang terlalu banyak, namun tergantung juga kepada jumlah ayam broiler yang akan Anda ternakkan.

Dalam beternak ayam potong, diperlukan juga sikap fokus dan melakukan pengontrolan secara intensif, mengingat ayam potong adalah termasuk golongan unggas yang mudah sekali terserang penyakit dan mati. Kalau masalah ini Anda bisa mengakalinya dengan menggaji seorang karyawan yang ditugaskan khusus untuk melihat, memberi makan sekaligus memeriksa keadaan ternak.

Bagikan Ke Teman

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *