Peluang Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil Untuk Guru

Menjadi seorang guru adalah suatu pekerjaan yang sangat mulia namun juga sangat melelahkan. Selain itu, masalah lain juga dapat muncul ketika menjadi seorang guru honorer di Indonesia yang mendapatkan upah tidak begitu besar bahkan sering kurang dari yang dibutuhkan sehari-hari. Oleh karena itu, mencari usaha sampingan di rumah adalah satu solusi yang dapat ditempuh untuk tetap bertahan hidup terutama untuk guru yang harus bekerja di kota besar dan harus mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk kehidupan sehari-hari.

peluang usaha sampingan di rumah

Usaha Sampingan Di rumah

Dengan jadwal mengajar yang cukup padat biasanya membuat seorang guru tidak punya banyak waktu luang untuk mencari pekerjaan sampingan guna menambah pendapatan. Namun, terdapat keadaan dimana seorang guru terutama guru honorer mendapatkan upah yang tidak terlalu besar. Hal ini menyebabkan mau tidak mau seorang guru harus memiliki pekerjaan sampingan. Mencari peluang usaha sampingan sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan mampu membaca situasi dan kondisi yang terjadi disekitar Anda. Untuk pekerjaan guru, terdapat beberapa peluang besar yang dapat meningkatkan pendapatan. Berikut penjelasan mengenai usaha sampingan di rumah yang dapat dilakukan oleh seorang guru.

  1. Mengembangkan Bisnis Bimbel/Les Privat

Kembali kepada keahlian seorang guru yaitu mengajar, hal ini pula yang menjadi peluang. Untuk seorang guru yang memiliki waktu kosong saat malam hari dapat memanfaatkannya dengan kegiatan mengajar privat anak tetangga dengan memanfaatkan rumah pribadi. Mengajar satu atau dua orang tidak akan menyita begitu banyak energi apabila Anda sudah paham bagaimana cara menghadapi murid yang bersangkutan. Usaha sampingan modal kecil ini hanya membutuhkan papan tulis, spidol, dan kuota internet untuk menyebarluaskan promosi mengenai jasa les privat Anda.

Apabila sudah semakin banyak murid yang harus Anda tangani maka ini menjadi peluang besar juga untuk melebarkan sayap bisnis les privat Anda menjadi bimbingan belajar yang profesional dengan memanfaatkan link guru yang Anda miliki. Bahkan saat bisnis ini semakin besar, pendapatan yang akan Anda terima bisa saja lebih besar dari pekerjaan utama Anda sebagai guru sekolah biasa.

  1. Usaha Kue Kering

Dengan memiliki lingkup pekerjaan yang luas dari mulai guru satu sekolah, murid, serta wali murid menjadikan Anda mudah untuk membuka berbagai bisnis. Nantinya, link yang Anda punya tersebut akan menjadi sasaran empuk calon pelanggan Anda. Untuk usaha sampingan di rumah ini, Anda dapat mempromosikannya saat sedang bercerita kepada murid, di ruang guru, bahkan saat pertemuan wali murid. Memanfaatkan situasi untuk hal positif bukanlah hal buruk, kan?

Dengan berkembangnya dan semakin luasnya informasi mengenai usaha kue kering Anda maka akan semakin banyak orang tahu akan bisnis Anda dan calon pembeli akan semakin banyak. Gunakan pula social media sebaik mungkin guna memperluas cakupan pemasaran.

  1. Menitip Jualan Di Koperasi Sekolah

Sedikit menyinggung poin sebelumnya, apabila Anda sudah memiliki suatu usaha sampingan dan masih bingung untuk memasarkannya maka koperasi atau kantin sekolah adalah jawaban terbaik. Kenal dan akrab dengan pemilik kantin ataupun penjaga koperasi sekolah akan memudahkan Anda untuk menitipkan barang jualan Anda di tempat tersebut. Anda tidak perlu repot berkeliling mencari pembeli dan pendapatan Anda akan bertambah secara perlahan.

  1. Menulis Buku Tentang Pengalaman Menjadi Guru

Berhadapan dengan banyak orang terutama murid sekolah yang memiliki banyak sekali karakteristik unik tentu menjadi kesan tersendiri untuk Anda. Sebagai seorang guru, Anda pasti dituntut untuk suka membaca dan menulis. Maka, manfaatkanlah kedua hal berguna tersebut untuk turut menulis catatan harian mengenai kejadian-kejadian unik dalam mengajar di sekolah. Kemampuan menulis yang Anda miliki akan membantu dalam merangkai kata yang menarik untuk dijadikan karya. Karya tersebut dapat berupa buku cerita kehidupan menjadi seorang guru. Gunakan gaya bahasa yang menarik dan selipkan guyonan yang akan menarik pembaca. Pekerjaan sampingan guru di rumah ini sangat bisa menjanjikan apalagi ketika buku pertama Anda laris di pasaran.

  1. Usaha Kerajinan Tangan

Kebanyakan seorang guru memiliki sifat teliti dan cermat. Oleh karena itu, banyak sekali guru yang dapat membuat kerajinan tangan yang indah. Contohnya seperti membuat tas dari tali kur, membuat hiasan dinding dari barang bekas, dan lain sebagainya. Kegiatan membuat kerajinan tangan ini dapat dijadikan alternatif usaha sampingan dirumah seorang guru. Selain dapat menjual hasil karyanya, membuat kerajinan tangan juga sebagai salah satu usaha relaksasi dari kegiatan seharian mengajar di sekolah.

Pikiran fresh akan didapat serta pendapatan pun akan meningkat dari hasil penjualan kerajinan tangan tersebut. Jangan lupa untuk melakukan inovasi pada karya Anda, seperti menggunakan bahan-bahan unik sebagai karya. Misalnya menggunakan botol bekas untuk dijadikan karya cenderamata yang memiliki estetika tinggi.

  1. Menjadi blogger atau youtuber profesional

Era digital seperti sekarang menjadikan pekerjaan yang dulu tidak ada menjadi ada dan menjanjikan. Salah satu aneka usaha sampingan di rumah yang mengikuti perkembangan zaman adalah menjadi seorang blogger atau youtuber. Penghasilan yang didapat dari iklan yang tampil pada blog atau channel youtube Anda akan sangat luar biasa menjanjikan apabila Anda serius mengurus channel atau blog tersebut. Buatlah konten tulisan atau video yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Anda menjadi seorang guru. Ceritakan berbagai kejadian, pengalaman, dan tingkah laku murid Anda yang tidak biasa. Buatlah alur cerita yang menarik sehingga para pembaca blog serta penonton youtube Anda semakin banyak. Apabila sukses maka Anda akan mendapatkan pendapatan lebih yang dapat menambah penghasilan Anda selain dari upah pekerjaan utama menjadi seorang guru.

Tidak mudah menjadi seorang guru yang berkualitas. Hal ini juga terkadang menjadi dilema saat upah yang dimiliki tidak begitu memuaskan. Keenam usaha sampingan di rumah diatas dapat Anda coba untuk menambah penghasilan Anda tiap bulan. Semoga berhasil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *