Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Bidang Pertanian

Anda yang merupakan karyawan dan sudah bosan dengan rutinitas yang sama dari senin hingga jumat, berencana mencari pekerjaan dengan jam kerja yang lebih fleksibel, pernahkah terpikir mencoba untuk melakukan bisnis sendiri? Ya, dengan memiliki usaha sendiri anda akan lebih dapat mengendalikan jam kerja anda. Selain itu, andapun memiliki jam kerja yang dapat diatur juga anda dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Nah, bagi anda yang selama ini bekerja di bidang pertanian atau memiliki minat di bidang ini berikut usaha sampingan modal kecil yang menjanjikan sehingga patut untuk anda perhitungkan

peluang-usaha-sampingan-bidang-pertanian
peluang-usaha-sampingan-bidang-pertanian

Usaha Sampingan Modal Kecil Bidang Pertanian

Menjalani sebuah usaha yang dirintis dari nol apalagi bagi anda yang belum memiliki pengalaman bisnis sebelumnya, bisnis dengan modal kecil sepertinya menjadi pilihan yang paling bijak. Ya, memulai bisnis dengan bijak

adalah satu-satunya pilihan untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Berikut merupakan usaha sampingan modal kecil di bidang pertanian yang patut dicoba. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya!

  1. Menanam Buah Organik

Jika anda adalah salah satu orang yang yang menganggap bahwa bidang pertanian di era-modern ini bukanlah bidang yang masih menjanjikan untuk dilakoni, maka anda salah besar. Pada kenyataannya, di zaman yang serba teknologi iniĀ  bidang pertanian tetap menebarkan pesonanya. Komoditas pertanian berupa buah masih banyak peminatnya diantara serbuan buah impor di pasar tanah air. Apalagi dengan gaya hidup modern yang mulai dilirik banyak kaum terpelajar, buah organik memiliki nilai tinggi di pasaran. Kendati perawatannya tidak jauh berbeda dengan buah pada umumnya komoditas buah organik di pasaran dihargai dengan harga tinggi. Nah, anda dapat menjadikan ini sebagai usaha kecil yang menguntungkan untuk dimulai. Untuk mulai menanam buah organik sebagai usaha sampingan modal kecil keuntungan besar benar-benar patut di kerjakan, kan?

  1. Makelar Alat-Alat Pertanian

Sebagai negara agraris, Indonesia memang masih membutuhkan aneka kebutuhan alat pertanian. Nah, anda dapat mengambil bagian dari ini dengan menjadi makelar alat pertanian. Apalagi dengan kemajuan teknologi biasanya alat pertanianpun turut mengalami berbagai kemajuan untuk semakin memudahkan para petani dalam menggarap sawah dan ladang mereka. Berbagai alat berat pertanian seperti traktor mungkin menjadi alat yang paling direkomendasikan. Peluang usaha sampingan modal kecil dengan menjual alat pertanian sebagai makelar sudah barang tentu dapat anda lakukan juga secara online, memanfaatkan berbagai platform e-commerce yang ada saat ini.

  1. Budidaya Tanaman Hias

Jenis usaha sampingan modal kecil ini terutama sesuai untuk anda yang telah berpengalaman atau setidaknya memiliki kemauan keras dan minat tinggi untuk belajar bagaimana menanam tanaman hias. Aneka tanaman hias memang memerlukan beberapa perawatan tertentu terutama untuk tanaman hias yang harganya agak mahal di pasaran seperti bunga anggrek. Namun, jika anda mampu menanamnya dengan baik maka bukan tidak mungkin anda dapat menghasilkan tanaman hias yang memukau para pelanggan. Anda pun tidak membutuhkan banyak modal, cukup menyediakan dalam jumlah terbatas dengan tempat yang sederhana sebagai awal.

  1. Menyediakan Pupuk

Jika anda tidak terlalu memiliki hasrat untuk memulai usaha sampingan modal kecil dengan menanam buah, tanaman hias atau aneka tanaman pertanian lain maka bagi nada yang justru memiliki jiwa pedagang, barang kali pupuk patut anda jajakan. Aneka pupuk yang dapat anda sediakan pun beragam. Anda dapat membelinya dari pabrik langsung untuk meningkatkan untung yang dapat anda raup jika menjualnya langsung kepada petani. Menjual pupuk juga cocok sebagai usaha rumahan bagi anda yang memiliki cukup tempat unutk menyimpan pupuk. Menjual pupuk cocok dijadikan sebagai pekerjaan sampingan di rumah bagi anda yang memiliki pekerjaan tetap dan enggan meninggalkan pekerjaan nada.

  1. Menyediakan Bibit

Jika anda kesulitan menyedikan tanaman dewasa anda barangkali berminat menyediakan bibit tanaman. Ya, untuk melaksanakannya jelas lebih mudah daripada menjual tanaman dewasa, karena waktu yang dibutuhkan juga relatif sedikit. Jenis bibit yang dapat anda jual pun beragam sesuai dengan kebuthan lingkungan yang barang kali berbeda setiap daerah. usaha sampingan modal kecil dari rumah ini mampu mendatangkan keuntungan yang besar karena biasanya bibit dibeli dalam jumlah yang besar. Usaha sampingan modal kecil seperti menjual bibit patut dicoba, bukan?

  1. Menyediakan Jasa Konsultasi

Nah, bagi anda yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang agroteknologi maka usaha kecil dan menengah ini sudah pasti cocok dengan anda. Saat ini, dengan berkembangnya teknologi anda tidak harus memiliki kantor konsultan hanya untuk menerima pelanggan yag berkonsultasi di bidang pertanian. Ya, menjadi konsultan online barangkali menjadi salah satu alternatif yang dapat anda lakoni. Pasalnya, menjadi konsultan hampir tidak membutuhkan modal material apapapun. Keuntungan yang didaptkanpun dapat dikatakan lumayan terutama jika anda sebelumnya telah dikenal handal dan ahli dalam bidang ini atau dalam kata lain anda tokoh yang berpengalaman di bidang pernaian.

  1. Memasarkan Komoditas Pertanian

Salah satu alternatif usaha modal kecil untung besar yang patut anada coba adalah dengan membuat brand sendri dariĀ  sebuah komoditas pertanian. Ya, tidak melulu usaha di bidang pertanian menyangkut menanam komoditas namun juga memasarkan. Beberapa komoditas yang menjanjikan biasanya adalah yang termasuk produk pokok, seperti kedelai, beras dll. Nah, anda dapat membuat brand untuk komoditas pertanian dengan kualitas tinggi.

Nah, bagaimana dengan ide usaha sampingan modal kecil yang telah kita ulas bersama di atas. Ya, bidang pertanian memang masih membuka peluang besar bagi anda yang ingin menjalankan bisnis. Nah, semoga sukses dengan bisnis anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *