Peluang Usaha Warung Makan, Usaha kuliner potensial

Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang tentunya hingga kapanpun akan terus dibutuhkan selama manusia masih bernafas. Kebutuhan ini berlaku di semua umur, di semua kalangan maupun golongan, karenanya, usaha atau bisnis yang bergerak di bidang makanan merupakan salah satu jenis peluang usaha paling potensial yang dapat mendatangkan profit bagi pemiliknya.

Jika kita perhatikan, pertumbuhan warung makan yang ada saat ini mulai bervariatif dari warung makan sederhana yang menyajikan makanan asal kenyang sampai pada restoran mewah atau rumah makan dengan desain interior yang mampu membuat para pembelinya nyaman. Merebaknya bisnis warung makan ini akan kita bahas pada artikel usaha warung makan yang akan penulis sajikan kepada anda.

usaha warung makan

Usaha Warung Makan, Usaha yang tiada matinya

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Mendagri, pada tahun 2016, penduduk Indonesia telah mencapai 257.912.349 jiwa dengan laju pertumbuhan sebesar 1,4 jiwa. Dengan laju pertumbuhan yang apabila dinominalkan maka perkiraan pada tahun 2017 ini penduduk Indonesia mencapai 262 juta jiwa pada tahun 2017. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar inilah menjadikan negara Indonesia sebagai negara tujuan pasar.

Usaha Kuliner warung makan menjadi sangat potensial mengingat jumlah penduduk Indonesia yang semakin besar sehingga ada lebih banyak perut – perut yang harus diisi terlebih lagi dengan kesibukkan masyarakat Indonesia yang tergolong sebagai masyarakat negara berkembang, ketika tidak lagi sempat memasak makanan sendiri maka jalan alternatif utama adalah membelinya di warung makan. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki hobby di bidang kuliner, membuka peluang usaha warung makan bisa menjadi alternatif ide usaha yang baik.

Bagi anda yang ingin memulai usaha warung makan, anda perlu memperhatikan beberapa point dibawah ini :

Rahasia Membangun Usaha warung Makan

  1. Olah Rasa Adalah Yang Utama
    Masyarakat memilih makanan bukan hanya soal “kenyang” namun juga cita rasa. Anda mungkin pernah melihat terdapat warung makan sederhana namun ramai pembeli bahkan pengunjungnya berasal dari kalangan atas hingga parkir penuh dengan mobil dan motor. Warung makan tersebut memiliki nilai plus berupa cita rasa yang unik. Membuat lidah para pembeli begitu akrab dengan masakan yang disajikan oleh penjualnya.

    Sekali lagi, jika anda ingin membangun usaha warung makan yang sukses dalam jangka panjang, maka anda harus menjaga dengan baik keunikan cita rasa masakan yang disajikan di warung makan milik anda. Tak perlu nama yang unik dan aneh hanya untuk menarik pelanggan apabila rasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan namanya.

  2. Nama Unik Sesuai dengan Rasa
    Seperti yang telah saya sebutkan pada point satu, nama unik tidak akan berpengaruh khususnya untuk keberhasilan jangka panjang apabila tidak dibarengi dengan cita rasa yang khas dan lezat. Ada banyak warung makan mencoba menggunakan teknik branding nama dengan menggunakan nama unik seperti ” Warung Makan Gila” ” Nasi Goreng Kuntilanak ” dan sejenisnya, namun sayang, seringkali para penjual lupa masalah cita rasa, karenanya pembeli hanya akan datang sekali lalu pergi dan tidak datang kembali.Apabila anda bisa menggunakan branding nama dengan baik, hal tersebut akan menjadi daya dobrak bisnis anda khususnya bagi para usahawan kuliner yang baru merintis usaha warung makannya. Nama yang unik dapat mengundang rasa penasaran masyarakat untuk mencicipi makanan anda, jika kemudian cita rasa unik dapat dirasakan oleh para pengunjung warung makan tentunya akan membuat para pembeli kembali berkunjung ke rumah makan anda dan secara sukarela menjadi pelanggan tetap anda.
  3. Sesuaikan Gaya Hidup

    Cobalah lihat lingkungan sekitar, bagaimana gaya hidup masyarakat di tempat anda. Karena makan bukan hanya soal kenyang atau sekedar mengisi perut yang lapar, kini makanan telah menjadi identitas dan strata sosial seseorang. Anda bisa menaikkan profit keuntungan dengan membuka warung makan yang menyesuaikan gaya hidup masyarakat tentunya tanpa meninggalkan patokan cita rasa yang lezat.

    Pun ketika anda berada di komunitas dengan mayoritas masyarakat kalangan menengah ke bawah, anda akan kesulitan menawarkan konsep warung makan modern. So, sesuaikan lokasi usaha anda, konsep dengan gaya hidup masyrakat sekitar untuk mempercepat kesuksesan usaha warung makan anda.

  4. Rencana Produksi

    Rencanakan proses produksi mulai dari bahan baku, pengolahan hingga penyajian olahan makanan yang ditawarkan. Anda harus memperhatikan pasar yang anda targetkan. Jika anda ingin membidik kalangan menengah kebawah maka minimalkan proses produksi yang memakan modal besar. Sebaliknya, ketika anda membidik konsumen kelas menengah ke atas, maka anda dituntut untuk meningkatkan kenyamanan baik dari sisi tempat ( termasuk kebersihan ) maupun dari sisi penyajian makanan.

  5. Pemasaran Dan Promosi

    Unsur kesuksesan lainnya yang tak kalah pentingnya adalah pemasaran dan promosi. Ada banyak produk yang memiliki tingkat kualitas yang baik namun kurang menerapkan strategi pemasaran yang baik sehingga produknya kurang dikenal oleh masyrakat.

    Untuk mengakselerasi kesuksesan bisnis warung makanan, promosikan hasil olahan makanan anda dengan baik. Anda bisa memberikan gratis minuman untuk pembelian makanan tertentu atau bisa juga dengan branding produk melalui selebaran dan program paket murah kepada komunitas – komunitas yang ada dilingkungan anda.

Uraian di atas menjadi patokan kesuksesan jangka panjang serta jangkauan pasar yang luas sesuai dengan pasar yang anda bidik. Tak ketinggalan pula sangat disarankan untuk melakukan observasi terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan analisis SWOT untuk menentukan langkah produksi dan promosi anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *