Cara bisnis Online Baju Dengan Tanpa Modal

Bisnis online semakin diminati masyarakat, terbukti dengan besarnya jumlah nilai transaksi e-commerce, menurut situs liputan6.com, pada tahun 2018, menurut Bank Indonesia, ada 24,7 juta pengguna internet yang melakukan transaksi online dengan nominal mencapai Rp. 144 trilliun.

Sementara itu, 8,7 juta UMKM yang ada di Indonesia sebagiannya mulai menggunakan internet untuk memasarkan produk mereka. Dengan demikian, bisnis online dari tahun ke tahun semakin besar dengan peluang usaha rumahan yang semakin terbuka lebar.

Salah satu jenis bisnis online yang dapat dijalankan adalah bisnis online baju. Ada beberapa alasan mengapa peluang usaha bisnis baju menjadi salah satu pilihan yang dapat anda ambil adalah :

  1. Jumlah penduduk Indonesia Besar
    Ali Baba, situs ecomerce terbesar di China yang kini menjadi pesaing Amazon, telah melakukan expansi pasar dengan menyasar target rakyat Indonesia. Alibaba menyuntik dana kepada situs ecomerce Indonesia Tokopedia dengan nilai investasi sebesar 14,7 Triliun atau US$ 1,1 Milliar.

    Alasan mengapa Alibaba berani melakukan investasi besar terhadap Tokopedia tidak lain karena masyarakat Indonesia adalah target pasar yang luar biasa potensial. Dengan jumlah pengguna yang semakin besar, membuat pertumbuhan bisnis online semakin tak terbendung.

    Pun sama halnya dengan bisnis online baju, anda yang kini masih mencari ide usaha online rumahan, dapat memilih bisnis online baju sebagai pilihan wirausaha anda.

    Dengan jumlah penduduk yang mencapai 261 Juta jiwa, menjadikan Indonesia sebagai sekumpulan konsumen yang siap membeli produk – produk kebutuhan poko termasuk pakaian.

  2. Kebutuhan yang terus ada
    Bisnis online baju hampir sama dengan bisnis makanan, sama – sama terus dibutuhkan oleh manusia. Meski intensitas pembelian baju tidak sesering kebutuhan primer seperti makanan, namun gaya hidup yang kian hedonis semakin membuat masyarakat konsumtif yang dengan kata lain membuka peluang bagi para pengusaha tekstil atau pakaian untuk meraup untun dari bisnis baju.

    Terdapat 261 Juta penduduk yang tentu menggunakan pakaian setiap harinya yang jika diasumsikan setiap penduduk membeli pakaian satu tahun sekali, maka ada 261 juta pakaian yang dibeli oleh penduduk Indonesia.

  3. Aman saat pengiriman
    Kuliner sama – sama kebutuhan pokok, namun tidak seperti pakaian, bisnis kuliner tidak bisa dengan mudah dikirim menguanakan jasa pengiriman. Berbeda dengan pakaian, dengan masa pengiriman mencapai 7 hari, paket pengiriman akan tetap aman dan tidak rusak. Bandingkan dengan makanan, ada resiko basi dan sebagainya.

    Bagaimana dengan makanan ringan? Makanan ringan atau snack biasanya memiliki margin yang kecil, kecuali pembelian dalam skala besar. Sementara bisnis baju, per pcs pakaian rata – rata mengambil keuntungan minimal Rp. 30.000 per pakaian.

    Alasan – alasan diatas dapat menjadi pertimbangan anda dalam menentukan keputusan bisnis anda. Namun demikian, sebagus apapun peluangnya ketika anda tidak mampu mengolah dengan baik, maka kemungkin untuk sukses akan semakin kecil.

CARA BISNIS ONLINE BAJU.
terdapat beberapa cara dalam bisnis online baju, ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut :

  • Menjual produk sendiri
    Anda sebagai suplier menjual produk anda sendiri. Keuntungan yang didapat adalah margin semakin besar dengan kontrol produk berada ditangan anda. Jika anda memproduksi produk pakaian anda sendiri, anda bisa membuka program reseller atau dropship untuk membantu pemasaran anda.

    Salah satu cara bisnis online baju yang dapat anda lakukan adalah dengan berjualan melalui social media seperti Fecebook dan Instagram. Selain itu, berjualan di marketplace semacam Tokopedia, Shopee dan sejenisnya dapat menjadi keuntungan tersendiri karena situs – situs tersebut memiliki pengunjung yang siap membeli produk – produk yang ada disitus jual beli tersebut.

  • Reseller
    Anda tak harus memiliki produk sendiri, bisa jadi anda memiliki kenalan atau saudara yang memproduksi baju namun enggan memasarkan secara online, maka anda bisa menjalankan bisnis baju online anda dengan menyuplainya dari kenalan anda.

    Menjadi suplier berarti anda harus siap melakukan pengiriman dengan jasa kirim barang sesuai pilihan anda, berbeda dengan sistem dropship yang tidak perlu lagi memikirkan pemaketan produk.

  • Dropship
    Cara ini sudah sangat banyak dan digemari oleh berbagai kalangan pebisnis online. Salah satu keunggulannya adalah karena tidak membutuhkan modal besar bahkan dikatakan nol rupiah.

    Sistem bisnis drophip sebenarnya hampir sama seperti makelar, tugas anda hanya mencarikan pembeli bagi suplier lalu anda akan mendapatkan komisi yang bisa anda tentukan sendiri.

    keuntungan berbisnis online baju dengan modal dropship selain tanpa modal, juga dikarenakan kemudahan tanpa memikirkan pemaketan dan pengiriman barang. Namun, sisi lemahnya, anda tidak punya kontrol produk dan pengiriman. Jika suplier anda bandel, andalah yang kena marah oleh pembeli.

Cara bisnis Online Baju Termudah

  • Berjualan di Sosial media
    Pahami bahwa sosial media memiliki peminatnya sendiri. Facebook memiliki pengguna dari semua kalangan dan umur. sementara Instagram, kebanyakan adalah remaja hingga umur 40 tahun. Sementara Twitter biasanya kalangan menengah untuk para remaja.

    Agar anda sukses dalam menjalankan bisnis baju, maka terlebih dahulu pilihlah jenis media sosial yang tepat untuk anda. Anda akan sulit berjualan pakaian jika anda menggunakan twitter. Maka pilihlah media sosial facebook dan instagram jika anda adalah pemula. Namun, perlu diperhatikan, bahwa membagikan produk tanpa menargetkan pembaca hanya akan menguras tenaga anga.

    Anda bisa membuat satu akun baru dengan manargetkan pertemanan yang tertarik dengan apa yang anda jual. Ketiklah di mesin pencari facebook, kata kunci sesuai produk yang anda jual. lalu, tambahkan orang – orang yang menyukai halaman tersebut atau anggota grup tertentu.

    Dengan menyebarkan post tentang produk anda kepada orang yang tepat, akan membuat kemungkinan pembelian semakin besar.

    Jika anda malas untuk menambahkan pertemanan, anda bisa menggunakan metode berbayar dengan memanfaatkan facebook ads. Namun, anda harus pandai – pandai dalam menargetkan iklan anda. Jika anda masih awam, belajarlah facebook ads kepada ahlinya agar anda tidak mengalami boncos.

  • Marketplace
    Situs seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak merupakan contoh situs jual beli yang sudah sangat dikenal di masyarakat. Mereka telah berkembang menjadi perusahaan ecomerce dengan pengguna mencapai jutaan member. Salah satu keuntungan yang didapat ketika jualan baju online adalah anda tidak perlu bingung mencari calon pembeli. Sebab, di situs jual beli tersebut telah memiliki member yang sangat banyak.

    Kelemahannya, tentu saja persaingan yang ketat. Ada banyak penjual yang sama – sama menjual produk yang anda jual. Karenanya, perhatikan harga yang ada di situs tersebut. Lalu pertimbangkan berapa harga yang tepat

Kira – kira, mana yang akan anda gunakan sebagai cara bisnis online baju? Akan kita bahas secara inten pada artikel lain.

Bagikan Ke Teman

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *